Macam – macam Mesin Genset 5 kVA yang Bagus dan Berkualitas

Mesin Genset 5 kva Yang Bagus dan Berkualitas – Genset merupakan salah satu produk yang dapat menjadi alternatif sebagai sumber listrik. Keberadaan genset sangat berguna saat listrik mati, terutama pada perusahaan atau pabrik. Hal ini dikarenakan tanpa adanya bantuan genset dapat menghambat proses produksi di pabrik.

Selain praktis, harga jual genset 5 kva juga masih terjangkau. Harga bervariasi tergantung pada kapasitasnya masing – masing. Semakin besar kapasitasnya maka semakin mahal juga harganya, begitu pula sebaliknya.

Mesin Genset 5 kva Yang Bagus dan Berkualitas

Berikut ini adalah beberapa jenis genset yang dapat anda jadikan sebagai referensi anda sebelum membeli genset kapasitas 5 kVA :

Mesin Genset Diesel

Genset jenis ini menggunakan bahan bakar solar. Kapasitas genset ini mulai dari 5 watt hingga 2 juta watt. Harga dari genset ini bervariasi  tergantung pada kapasitas dan mereknya.

Kelebihan dari genset diesel adalah bahan bakar irit, menghemat biaya, mesin lebih awet dan murah serta mesin cepat dingin sehingga dapat digunakan lebih lama. Namun, ada kekurangan pada genset diesel ini, yaitu harganya lebih mahal, biayanya tinggi serta mesinnya berukuran besar dan berat.

Mesin Genset Bensin

Kelebihan dari mesin genset bensin antara lain adalah tingkat kebisingannya rendah, memiliki horse power yang besar, harga jualnya pun lebih murah. Namun, genset ini juga memiliki kekurangan, yaitu bahan bakarnya boros, mesin kurang awet, tidak dapat digunakan untuk kapasitas besar serta perawatannya lebih ribet dibandingkan dengan mesin diesel.

Mesin Genset Gas

Genset ini menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Kelebihan dari genset gas ini adalah bahan bakarnya lebih hemat, ramah lingkungan dan perawatannya lebih mudah. Pada umumnya genset ini digunakan di perusahaan atau pabrik. Namun, kini telah tersedia juga genset untuk rumah tangga.

Mesin Genset portable untuk rekreasi

Salah satu kelebihan dari genset ini adalah ukurannya yang kecil dan ringan sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk acara di luar. Selain itu, kapasitas genset tersebut dapat mencapai 6500 watt. Bahan bakar yang digunakan adalah bensin. Pada umumnya merek yang digunakan adalah Yamaha dan Honda.

Mesin Genset portable untuk di Rumah

Genset portable yang digunakan memiliki kapasitas 12 kw. Anda dapat memilih dua jenis genset dengan merek Honda atau Yamaha. Sebagian besar genset ini menggunakan bahan bakar bensin. Genset ini juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk membantu memenuhi kebutuhan listrik di rumah saat listrik mati.

Genset Portable untuk Pabrik dan Industri

Genset portable yang bagus untuk pabrik dan industri adalah yang memiliki kapasitas antara 2 kw hingga 18 kw. Genset yang sering digunakan adalah genset bensin atau bisa juga genset diesel. Adapun merknya juga bervariasi, yaitu merek Honda, Yamaha, Winco dan lain – lain.

Genset Bergerak

Salah satu ciri khusus dari genset ini adalah adanya roda pada bagian bawah. Hal ini sangat praktis karena dapat membantu memindahkannya dengan mudah pula. Selain itu, genset jenis ini banyak digunakan di pabrik.

Kapasitas genset tersebut juga bervariasi. Kapasitas genset dengan bahan bakar gas dapat mencapai 105 kW. Sedangkan untuk genset dengan bahan bakar diesel kapasitasnya mencapai 700 kW.

Leave a Comment