Cara menghilangkan gatal tanpa menggaruk

Jari jemari rasa-rasanya tak dapat diam bila keadaan gatal menyerang. Tangan umumnya refleks ingin menggaruk sesegera mungkin saja. Walau sebenarnya, bila Anda tengah alami gatal-gatal, menggaruk malah bikin kulit dapat terluka serta merasa perih. Sempatkah Anda rasakan itu? Nah, bila demikian baiknya berhenti menggaruk kulit Anda yang gatal supaya keadaannya tak makin kronis. Itu dia, penjelasan sekitar gatal serta langkah meredam rasa gatal yang menempa.

Apa sebabnya dapat muncul gatal-gatal?

Cara menghilangkan gatal tanpa menggaruk

Gatal atau pruritus yaitu sensasi tak nyaman serta menyebalkan hingga bikin tangan rasa-rasanya ingin menggaruk. Munculnya gatal bisa dikarenakan oleh beragam jenis permasalahan di kulit, seperti :

Kulit kering
Alergi
Eksim, dermtitis, serta psoriasis
Ketombe (di kulit kepala)
Infeksi jamur di kulit
Keadaan stres
Kulit terbakar matahari
Rasa gatal waktu hamil serta sesudah melahirkan
Pada sebagian masalah, rasa gatal tak di ketahui pemicu spesifiknya

Sesungguhnya bolehkah menggaruk sisi yang gatal-gatal?

Menggaruk sisi badan yang gatal tentunya bakal berikan kenikmatan waktu gatal menyerang. Tetapi, menggaruk terus menerus bakal menyebabkan permasalahan baru, yaitu kulit dapat iritasi.

Menggaruk cuma jadi penghilang sensasi gatal sesaat serta tak menolong sistem pengobatan sekalipun. Malah menggaruk bakal bikin goresan-goresan baru di kulit.

Oleh karenanya, baiknya jauhi menggaruk-garuk kulit. Goresan-goresan yang nampak waktu Anda menggaruk dapat buka celah untuk bakteri masuk, infeksi juga berlangsung. Masuknya bakteri baru pada kulit itu jadi cikal akan komplikasi gatal yang dapat makin kronis.
Apapun yang dapat dikerjakan untuk berhenti menggaruk kulit yang gatal?

Kulit yang gatal-gatal umumnya diberi obat spesifik untuk pengobatannya. Tetapi, sambil pengobatan ada saatnya rasa gatal ini menyerang serta menguji kesabaran Anda ingin menggaruknya. Nah, dari pada digaruk, tambah baik redakan dengan beberapa cara itu :

1. Tepuk-tepuk daerah yang gatal

Bila Anda telah betul-betul tak tahan dengan rasa gatal yang menyerang, cobalah menepuk-nepuk sisi yang gatal itu. Tambah baik tepuk-tepuk atau ketuk-ketuk kulit yang di rasa gatal. Langkah tersebut dikerjakan supaya tak muncul goresan-goresan pada kulit Anda serta mencegah infeksi bakteri berlangsung.

2. Kompres dingin

Lekatkan es batu yang sudah dibungkus dengan kain lap atau handuk pada kulit yang merasa gatal. Kerjakan itu seputar 10 menit atau sampai rasa gatalnya menyusut. Jauhi paparan dari air panas sebisa mungkin saja. Air yang bersuhu tinggi dapat menghematasi kulit.

3. Gunakan pelembap

Pakai pelembap yang bebas dari beberapa zat yang memiliki kandungan minyak wangi untuk meredam rasa gatal Anda. Diluar itu Anda dapat juga memoleskan pelembap yang telah didinginkan didalam almari es. Pelembap yang dimasukan ke almari es bakal memberi sensasi dingin yang menyejukan untuk orang yang tengah gatal-gatal.

4. Pakai oatmeal

Oatmeal tidak cuma dikonsumsi waktu makan. Oatmeal dapat jadikan kombinasi bahan untuk air mandi Anda bila kulit merasa gatal. Ambillah oat seperlunya serta jus sampai butirannya halus. Taburi butiran-butiran ini dalam bak mandi Anda. Lalu Anda dapat berendam di dalamnya paling sedikit 15 menit.

Awal mulanya, oat di kenal ampuh melembapkan kulit kering sepanjang beratus-ratus tahun. Ditulis dalam WebMD, baru belakangan ini peneliti temukan kalau oat berguna juga untuk kulit yang gatal. Ada zat kimia aventhramides yang dapat menolong melawan peradangan serta kemerahan di kulit.

5. Pakai gel lidah buaya

Pakai product gel lidah buaya untuk memberi dampak mendinginkan serta ada sensasi menthol. Gel lidah buaya dapat dipakai obat gatal alami saat gatal menyerang agar Anda berhenti menggaruk kulit. Bahan product ini dapat gampang di dapatkan di apotek ataupun di swalayan.

6. Pakai air dingin

Air dingin dapat dipakai dengan mengalirkannya ke sisi yang gatal waktu mandi. Atau Anda dapat juga pakai air dingin dengan lap basah jadi kompres dibagian yang gatal. Dari pada Anda menggaruk, air dingin semakin lebih pas untuk meredam gatalnya tanpa ada menggores kulit.

7. Berikan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat serta turunannya yang berperan untuk membunuh bakteri. Pada seorang yang tengah alami gata-gatal tambah baik berikan minyak kelapa di bagian yang gatal. Berikan minyak itu 2 x satu hari.

8. Minum obat antihistamin

Histamin yaitu zat kimia pada tubuh yang dapat menyebabkan tanda-tanda alergi, termasuk juga gatal. Obat antihistamin yaitu penyembuhan yang pas untuk keadaan gatal-gatal Anda, terpenting bila gatal Anda dikarenakan oleh alergi.

9. Berikan petroleum jelly

Bila kulit Anda merasa gatal-gatal terpenting disebabkan kulit Anda yang kering. Petroleum jelly dianjurkan untuk obat gatal selangkangan. Petroleum jelly berbentuk sangatlah lembut di kulit. Anda dapat memoleskannya sekerap mungkin saja. American Academy of Dermatology menyampaikan kalau petroleum jelly asli tanpa ada bahan kombinasi aman dipakai di semuanya ruang badan.

Leave a Comment