Tips Membuat Bahan Makanan Agar Tetap Segar Dan Awet

Tips Membuat Bahan Makanan Agar Tetap Segar Dan Awet

Ibu rumah tangga memang tidak akan lepas dari permasalahan bahan- bahan bumbu dapur dan bahan makanan yang lainnya. Tentu saja, akan menjadi hal yang sangat menyebalkan jika saja bahan makanan yang akan olah ternyata sudah tidak segar lagi. Hal ini pastinya bisa saja mempengaruhi nutrisi dari sayuran tersebut.

Nah, maka dari itu Anda pun harus tahu bagaimana cara menyimpan bahan makanan dengan baik agar nantinya bahan makanan menjadi lebih tahan lama dan masih segar.

Menjaga tingkat kelembapan

Untuk bahan makanan seperti sayur dan buah yang mana mengandung air, maka akan lebih baik jika selalu dijaga agar bisa jauh lebih tahan lama. Pada saat sayur dan buah di panen maka akan banyak kandungan air yang menguap, dan itulah sebabnya sayur dan buah yang baru di panen di simpan ke dalam plastic yang sudah di lubangi.

Jangan menyimpan di suhu yang ekstrim

Suhu yang tinggi dan juga rendah akan menjadikan buah ataupun sayur cepat rusak dan cepat busuk. Apalagi jika Anda menyimpan sayur dan buah di dalam freezer maka akan langsung merusak cairan yang terkandung di dalam sayuran dan buah-buahan. Dan apabila di suhu yang tinggi maka sayuran dan buah-buahan akan cepat lunak atau lembek.

Pastikan menyimpan dengan keadaan kering

Nah, cara yang berikutnya ini adalah dengan menyimpan sayuran dan buah-buahan pada saat kondisi kering jika akan menyimpan di dalam kulkas. Jika Anda menyimpan sayur dan buah pada saat masih basah maka akan menjadikan cepat rusak maka dari itu jangan mencuci bahan makanan sebelum memasukkan ke dalam kulkas.

Simpan dengan menggunakan kertas

Sebelum memasukkan kedalam kulkas akan jauh lebih baik jika membungkus bahan makanan dengan menggunakan kertas. Kertas ini bisa menjaga bahan makanan tetap kering dan menghambat pembusukan.

Nah, itulah sekilas info yang bisa di berikan kepada Anda mengenai tips menyimpan bahan makanan tahan lama. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi para ibu rumah tangga.

Leave a Comment