Tahukah Anda, Kuliner Indonesia Yang Saat Ini Susah Dijumpai?

Selain alamnya yang kaya dengan keindahan, suku dan bahasa yang beraneka ragam serta banyaknya budaya dan kesenian, Indonesia juga memiliki berbagai kuliner dari berbagai daerah. Jangan ditanya kelezatannya, kuliner Indonesia sudah dibuktikan hingga ke mancanegara. Hingga makanan rendang dari Indonesia dinobatkan menjadi makanan terlezat di muka bumi.

Namun ternyata, banyak makanan dari berbagai daerah yang sudah di ambang kepunahan. Namanya sudah terkenal seantero Nusantara, namun sudah mulai susah untuk ditemukan. Bisa jadi beberapa generasi yang akan datang malah tidak tahu dan mengenal makanan tersebut jika tidak dilestarikan. Tahukah anda apa saja makanan yang sudah mulai langka ditemukan tersebut? Mari ikuti penjelasan berikut.

Gulai siput
Saat ini, Makanan khas dan berasal dari Riau ini mulai jarang ditemukan. Apalagi di berbagai acara adat dan perayaan. Padahal pada masa jayanya, makanan ini sangat mudah ditemukan dan menjadi makanan yang selalu dicari. Selain murah dalam pembuatannya, rasanyapun sangat nikmat, karena bahan yang digunakan adalah rempah-rempah yang sudah umum ada di daerah asalnya. Rasanya akan bertambah lezat jika dimakan bersama dengan sambal cencalok yang juga asli Riau.

Gethuk Lindri
Makanan tradisional yang dahulu sering kita temukan di daerah jawa dan sudah menyebar di beberapa daerah ini, saat ini sudah sangat sulit di dapatkan. Bahannya terbuat dari ubi kayu atau singkong yang dimasak dan haluskan dengan mencampur gula pasir dan kemudian ditaburi parutan kelapa. Warnanya dibuat beraneka ragam dengan menggunakan pewarna alami, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Pembuatannya yang dilakukan secara tradisional membuat cita rasanya menjadi nikmat.

Kue Puthu
Tentu semua orang sangat mengenal dengan jenis makanan yang satu ini. Biasanya bisa dinikmati pada malam hari, karena memang pada saat itulah para penjualnya berkeliling menggunakan sepeda untuk menjajakannya. Semua bahan yang digunakan untuk membuatnya sangat mudah didapatkan disekitar kita. Dari membuatnya dan menjualnya serta bahan yang digunakan, semua dilakukan secara tradisional. Saat ini tidak begitu banyak lagi bisa kita temukan penjual kue puthu yang berkeliling. Bukan tidak mungkin, lama kelamaan jika tidak dilestarikan, makanan ini akan hilang dan punah.

Tempoyak
Makanan tradisional yang dulu banyak ditemukan di Palembang, Lampung, Bengkulu, Jambi dan Riau ini keberadaannya sudah mulai sulit untuk dijumpai. Tempoyak adalah sambal yang dibuat dari buah durian yang sudah difermentasi beberapa hari, dan kemudian di olah dengan ayam. Jangan ditanya rasanya, anda akan merasakan sensasi yang susah untuk dilupakan dari durian yang dipadukan dengan ayam dan cabe.

Itulah beberapa kuliner asli Indonesia yang saat ini satu persatu mulai susah dijumpai untuk dinikmati. Kalau tidak terus dilestarikan dengan menyajikannya di berbagai kesempatan, bisa jadi makanan-makanan ini akan menjadi punah. Banyak lagi makanan daerah lain yang sudah mulai susah untuk ditemukan.

Leave a Comment