Resep dan Cara Membuat Dadar Gulung yang Benar

Jajanan dadar gulung merupakan salah satu makanan tempo dulu yang gampang kita dapatkan di kios-kios kue atau malah di dalam pasar. Dengan bahan dasar tepung terigu ini dadar gulung memiliki tekstur dan rasa yang unik sehingga senantiasa dicari oleh para konsumen.

Resep dan Cara Membuat Dadar Gulung yang Benar

Dadar gulung tidak cuma dapat untuk dikonsumsi sehari-hari tetapi juga biasanya dibuat untuk sajian di acara lamaran, pernikahan, rapat dan lain sebagainya. Berikut merupakan resep gampang membuat dadar gulung yang dapat dicoba di rumah.

Bahan yang perlu disiapkan

Dadar gulung memiliki barbagai variasi varian rasa, warna serta wujud, dalam resep kali ini kita akan membuat resep dadar gulung yang isiannya terbuat dari kelapa. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat dadar gulung isian kelapa:

  1. Tepung terigu 150 gram
  2. Kelapa parut
  3. 200 gram Telur 1 butir
  4. Pewarna makanan layak selera (dapat warna hijau, merah muda, kuning maupun warna lainnya)
  5. Gula (dapat dipilih gula merah maupun gula pasir)
  6. Air secukupnya (untuk membuat kulit dan isian dadar gulung)
  7. Garam secukupnya
  8. Vanili sebagai penambah bebauan (dapat juga menggunakan daun pandan)
  9. Minyak goreng secukupnya untuk mengolesi teflon (selain minyak goreng dapat juga menggunakan margarin)

Metode membuat isian dadar gulung dari kelapa

Sesudah segala bahan sudah disiapkan langkah berikutnya merupakan membuat isian dadar gulung. Berikut merupakan jenjang dalam pembuatan isian dadar gulung:

  1. Taruh wajan di atas kompor, kemudian masukkan air sebanyak 200 ml. Sesudah itu panaskan air dalam wajan sampai mendidih
  2. Sesudah air mendidih masukkan 75 gram gula merah dan aduk sampai gula merah larut dan mengental (pastikan gula merah benar-benar larut)
  3. Masukkan parutan kelapa sebanyak 200 gram dan 1 sachet vanili ke dalam wajan yang sudah berisi larutan gula tersebut. Aduk parutan kelapa, vanili sampai tercampur dengan rata dalam larutan gula. Proses pengadukan tersebut dilakukan sampai parutan kelapa matang yang ditandai dengan berkurangnya kadar air. Proses pematangan ini memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dengan api sedang.
  4. Sesudah parutan kelapa matang, masukkan ke wadah lain dapat piring maupun mangkok. Parutan kelapa tersebut berikutnya dibentuk menjadi isian dadar gulung. Caranya, ambil 1 sendok parutan kelapa masukkan ke dalam plastik, remas-remas parutan kelapa dalam plastik sampai menyusun persegi panjang.

Sesudah parutan kelapa menyusun persegi panjang tempatkan di wadah lain. Parutan isian kelapa berbentuk persegi panjang siap untuk dibuat sebagai isian dadar gulung.

Metode membuat adonan kulit dadar gulung

Metode membuat adonan untuk kulit dadar gulung merupakan sebagai berikut:

  1. Masukkan tepung terigu sebanyak 150 gram ke dalam mangkok ukuran besar
  2. Tambahkan garam, pewarna makanan secukupnya dan santan kental sebanyak 200 ml ke dalam mangkok yang sudah berisi tepung terigu sebanyak 150 gram. Aduk segala bahan tersebut sampai tercampur rata.
  3. Sesudah adonan tepung terigu tercampur rata masukkan 1 butir telor ke dalam adonan lalu aduk sampai telor menyatu dengan adonan tepung. Proses pengadukan dilakukan sampai adonan mengental.
  4. Adonan siap untuk dibuat kulit dadar gulung.

Proses pembuatan dadar gulung

Proses pembuatan dadar gulung ini memerlukan waktu yang tidak lama dan gampang dalam progres pembuatannya. Berikut merupakan jenjang progres pembuatan dadar gulung:

  1. Ambil teflon dengan ukuran kurang lebih 15 cm, kemudian olesi teflon dengan minyak goreng secukupnya. Taruh teflon di atas kompor dengan api sedang sampai teflon panas.
  2. Sesudah teflon panas, masukkan adonan kulit dadar gulung sebanyak 2 sendok makan. Putar teflon sampai adonan tipis dan memenuhi permukaan teflon. Tunggu kurang lebih 5 menit sampai kulit dadar gulung matang.
  3. Sesudah kulit dadar gulung matang masukkan isian parutan kelapa berbentuk persegi panjang kemudian digulung. Sesudah digulung tunggu kurang lebih satu menit agar kulit dan isian dadar gulung benar-benar matang dan menyatu.

Penyajian dadar gulung

Dadar gulung yang sudah matang dapat diperkenalkan dengan menggunakan piring atau malah wadah yang menarik untuk penyajian. Ambil dadar gulung dan atur posisinya di atas piring layak dengan selera, agar tampilan dadar gulung di atas piring menjadi lebih menarik dapat ditambahkan hiasan berupa saus cokelat, stroberi, irisan buah maupun irisan daun pandan sebagai hiasan.

Itulah tadi resep dan cara membuat dadar gulung yang benar untuk di coba di rumah, gampang bukan? Selamat mencoba ya!

Leave a Comment