Ketahuilah, Inilah Perbedaan Susu Kental Manis dan Susu UHT

Ketahuilah, Inilah Perbedaan Susu Kental Manis dan Susu UHT

Susu memang adalah minuman yang berasal dari sapi ataupun hewan lain yang mamalia. Susu mengandung banyak nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Susu segar memang mudah basi, sehingga apabila ingin dipasarkan dalam jangka waktu lama harus diolah dulu. Pengolahan susu ada banyak macamnya yang di pasaran biasanya banyak susu uht dan susu kental manis.

Kedua susu ini memang berbeda tetapi mungkin kandungan nutrisi nya juga sama dan tidak jauh beda. Agar anda mengetahui rincian perbedaan susu kental manis dan susu uht lebih baik anda menyimak yang informasi nya berikut ini.

Perbedaan susu kental manis dan susu uht

Susu kentang manis dan susu uht memang sangat berbeda bahkan dari wujudnya saja sudah berbeda. Susu kental manis wujudnya sudah kental dan tidak terlalu cair sedangkan susu uht wujudnya seperti susu segar. Sedangkan kandungan gizinya juga sangatlah berbeda karena tujuan pembuatan kedua susu ini juga sudah berbeda. Apabila susu kental manis tujuannya hanya untuk campuran masakan sedangkan susu uht untuk konsumsi kecukupan gizi.

Proses pembuatan susu kental manis dan susu uht juga berbeda. Susu kental manis keep way dengan proses penguapan atau evaporasi. Sedangkan susu uht diproses dengan teknologi ultra high temperatur. Yaitu dengan memanaskan hingga suhu 135 derajat celcius. Jangan perbedaan pemrosesan pembuatan maka kandungan gizinya pun juga berbeda. Susu kental manis memiliki kandungan gizi yang lebih sedikit daripada susu uht. Karena kandungan gizi susu uht juga diusahakan sama dengan kandungan gizi susu formula bubuk sehingga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dari susu segar.

Gaya tahan produk juga berbeda kena prosesnya ketika membuat juga berbeda. Susu kental manis memiliki waktu tahun yang lebih lama yaitu sekitar 2 tahun kalau kemasan belum dibuka. Sedangkan susu uht hanya tahan sekitar 6 bulan. Faktor yang mempengaruhi tahannya susu kental manis bisa juga dari kandungan gula yang tinggi yang merupakan pengawet alami.

Itulah perbedaan susu uht dan susu kental manis. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment