Cara Melatih Kekuatan Kaki Kanan dan Kiri

tendangan kaki bola

Kemenangan dalam sebuah pertandingan sepakbola tidak hanya ditentukan oleh strategi saja melainkan juga kekuatan pemainnya. Cidera menjadi salah satu momok yang menghantui sebuah tim. Jika dilihat jadwal bola malam ini tak sedikit pecinta bola yang juga mencari tahu formasi pemain yang akan diturunkan. Karena itulah pelatih wajib menjaga stamina anak asuhnya agar kekuatan kakinya semakin kuat dan tidak mudah mengalami cidera. Treatment yang dilakukan sangat beragam, tujuan utamanya adalah menjaga kebugaran supaya fit saat dimainkan.

Pelatihan yang dilakukan berpusat pada peningkatan kekuatan otot paha dan betis. Selain untuk menambah dan menjaga stamina, beberapa cara yang dilakukan dibawah ini juga bisa membuat pemain semakin handal. Jadi skill akan terasah sehingga peluang untuk menang bertambah besar. Adapun jenis latihan yang sering dipraktikkan adalah:

1. Skot jump
Untuk melatih otot paha, pemain harus sering melakukan gerakan ini. Sebelum latihan di lapangan biasanya semua anggota tim diwajibkan melakukan skot jump dengan berdiri lalu jongkok selama beberapa menit. Jika kaki kiri dan kanan kondisi ototnya bagus, maka pemain dapat melakukan tendangan dengan kuat dan akurat. Khusus untuk pemain yang mengalami cidera, tidak perlu melakukan gerakan ini agar masa pemulihan semakin cepat. Skot jump juga berfungsi untuk pemanasan sebelum memulai inti dari latihan.

2. Gym
Latihan tidak hanya dilakukan di lapangan saja, pusat kebugaran pun bisa dijadikan tempat yang pas untuk melatih kekuatan tendangan. Gerakan yang dilakukan tidak seperti gym pada umumnya, ada beberapa latihan khusus yang diterapkan. Instruktur akan memberikan arahan supaya tidak terjadi cidera pada otot. Treatment ini tidak terlalu sering dilakukan dan biasanya hanya dipraktikkan seminggu sekali. Dengan menggunakan peralatan gym, maka pemain bisa meningkatkan kondisi fisik agar stamina tetap terjaga. Asupan gizi setelah latihan harus diatur supaya nutrisinya terpenuhi. Tim sepakbola yang sudah pro memiliki petugas khusus yang mengatur jenis makanan yang pas untuk pemain.

3. Jogging
Lari kecil mengelilingi lapangan dilakukan untuk memperkuat otot paha dan betis. Aktivitas ini biasa dipraktikkan 3-4 kali dalam seminggu. Jadi ketika akan memulai latihan, pemain sudah siap dengan kondisi yang fit. Beberapa pelatih ada yang memberikan beban atau bending ketika jogging. Tujuannya agar pemain dapat berlari dengan cepat saat bertanding. Namun cara ini sudah tidak dipakai sebab dikhawatirkan bisa memicu cidera yang cukup parah. Akan lebih baik jika gerakan lari ini dilakukan setiap hari dengan porsi yang pas.

Beberapa info mengenai jadwal bola malam ini menjadi buruan para pecinta bola. Mereka ingin melakukan prediksi tentang tim mana yang akan menang dan sebaliknya. Bagi Anda yang ingin memiliki bentuk kaki yang kokoh ala pemain sepakbola, coba praktikkan latihan diatas. Ikuti prosedurnya dengan benar agar tidak terjadi pembengkakan di otot.

Leave a Comment