Asal-usul Teh Hijau

Ini mengejutkan banyak orang yang baru mengenal teh untuk mengetahui bahwa teh hijau dan teh hitam berasal dari spesies tanaman yang sama persis — Camellia sinensis. Pada akhirnya berbagai tanaman teh dan bagaimana daun teh diproses yang mendefinisikan bagaimana teh hijau menjadi “hijau” dan teh hitam menjadi “hitam”. Sementara semua teh hijau berasal dari spesies tanaman yang sama, ada berbagai jenis teh hijau yang ditanam dan diproduksi di seluruh dunia saat ini, termasuk Cina, Jepang, India, Sri Lanka, Taiwan, Bangladesh, Selandia Baru, Hawaii dan bahkan Carolina Selatan.

Teh hijau, bagaimanapun, dianggap berasal di Cina. Dikatakan bahwa bahkan saat ini kata “teh” di China hanya mengacu pada teh hijau, bukan untuk kategori teh umum seperti halnya di Barat. Provinsi Yunnan di Cina dianggap sebagai rumah asli dari spesies tanaman Camellia sinensis. Faktanya, 260 dari 330 jenis teh dunia dapat ditemukan di Yunnan.

Salah satu legenda populer menunjukkan bahwa Shennong, Emporor of China dan penemu obat China, menemukan teh sebagai minuman sekitar tahun 2737 SM ketika daun teh segar dari pohon teh di dekatnya jatuh ke dalam cawannya dari air yang direbus.

Lain-lain kredit berbagai umat Buddha di tahun 500 SM dan berabad-abad berikutnya untuk penemuan teh. Umat ​​Buddha akan melakukan perjalanan antara India dan China untuk menyebarkan agama, budaya, dan ritual minum teh mereka. Biksu Budha tumbuh, dipanen dan menghasilkan teh seperti rekan-rekan Katolik mereka di biara-biara Eropa dengan anggur dan anggur. Kebiasaan para bhikkhu minum teh untuk penyegaran fisik, untuk membantu meditasi dan sebagai pengganti alkohol berkembang menjadi latihan spiritual dan sosial yang tersebar di seluruh China.

Teh hijau diklaim telah dipopulerkan di Jepang sekitar tahun 1190, ketika seorang imam Zen mengunjungi dan belajar di biara-biara dan kuil-kuil Buddha yang besar di China kembali ke Jepang dengan bibit tanaman teh dan semak-semak. Pendeta muda, yang disebut Eisai, menggunakan pengalamannya tumbuh dan minum teh di China untuk mempopulerkan cara teh sebagai ritual meditasi dalam komunitasnya sendiri dari para biksu Buddha, yang akhirnya menyebarkan kebiasaan minum teh di seluruh Jepang. Sampai hari ini, China dan Jepang adalah dua negara penghasil teh hijau dan negara pengekspor terbesar di dunia.

Leave a Comment