Aneka Makanan Populer Korea Selatan, Pernah Coba?

Aneka-Makanan-Populer-Korea-Selatan,-Pernah-Coba
tteokbokki

Korea Selatan tumbuh menjadi Negara wisata seperti Jepang. Mulai dari budaya, wisata, hingga kulinernya menarik perhatian para wisatawan baik dalam Negeri maupun luar Negeri. Berbicara tentang kuliner, di Korea Selatan mempunyai banyak jenis makanan mulai dari makanan berat hingga jajanan ringan. Kendati demikian ada beberapa makanan yang diklaim menjadi kuliner populer Korea Selatan.

Tidak hanya enak untuk dimakan, kuliner khas Korea Selatan juga disajikan apik sehingga menggugah selera siapapun yang melihat tampilannya. Kimbab contohnya, makanan ini mirip seperti sushi Jepang. Namun biasanya kimbab Korea disajikan memanjang, tapi tidak menutup kemungkinan penyajiannya juga sudah dipotong-potong untuk memudahkan proses memakannya. Kimbab menjadi salah satu pilihan terbanyak untuk mengisi perut yang kelaparan.

Tteokbokki merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras. Makanan ini sering sekali muncul di dalam drama-drama Korea. Kuahnya terlihat merah dan rasanya pedas. Tidak sendirian, biasanya potongan tteokbokki disajikan bersama fishcake dan telur. Paling enak sajian tteokbokki disantap ketika cuaca dingin atau turun hujan.

Sama-sama berwarna merah namun kimchi berbeda dengan tteokbokki. Asli dari Korea, kimchi menjadi makanan yang paling diburu di Negeri Ginseng. Kimchi terdiri dari banyak jenis, namun biasanya bahan dasar berupa sawi putih atau lobak yang kemudian difermentasikan dengan bumbu-bumbu merah khas Korea. Semakin lama menyimpan kimchi, rasanya akan semakin nikmat. Kimchi sering kali disajikan sebagai makanan pelengkap apapun menu utamanya.

Jika ingin mencoba kuliner daging, jeokbal bisa menjadi pilihan. Sayangnya jeokbal merupakan irisan daging babi asap atau panggang yang tidak bisa dinikmati oleh umat muslim. Bagi yang memakan daging babi, jeokbal lebih nikmat saat dimakan bersama selada dan sambal khusus. Bisa pula ditambahkan bawah mentah dan cabe hijau saat menyantap irisan jeokbal.

Beralih dari makanan berat, jeon bisa menjadi makanan ringan pilihan. Jeon merupakan makanan pembuka yang terdiri dari campuran tepung, telur, daging, seafood, dan sayuir-sayuran. Meski bentuknya seperti pancake, namun isi di dalam jeon sangat lengkap. Jeon selain bisa dibuat makanan ringan bisa juga digunakan untuk pendamping makanan berat sebagai lauk.

Leave a Comment