Aneka Kuliner Khas Surabaya, Menggoyang Lidah!

Aneka-Kuliner-Khas-Surabaya-Menggoyang-Lidah
lontong balap

Surabaya merupakan kota terbesar dan terpada kedua di Pulau Jawa setelah Jakarta. Tidak hanya warga asli Surabaya, di kota yang berjuluk kota Pahlawan ini juga banyak pendatang yang melakukan urbanisasi untuk menetap, sekolah, maupun bekerja. Di Surabaya sendiri banyak universitas dan lapangan kerja yang tersebar di setiap penjuru kota.

Surabaya juga menyediakan wisata bagi para wisatawan dalam kota maupun luar daerah. Kebun Binatang Surabaya misalnya, tempat ini masih menjadi wisata favorit keluarga pada musim liburan. Wahana permainan terbesar di Surabaya juga belum lama ini dibangun, yaitu Surabaya Carnival. Di tempat ini para wisatawan bisa mencoba berbagai wahana permainan mulai dari yang biasa hingga permainan yang memacu adrenalin.

Namun bukan melancong namanya jika tidak merasakan kuliner daerah. Di Surabaya sendiri tersedia banyak jenis makanan khas, baik makanan khas Surabaya atau makanan dari daerah Jawa Timur yang dijual di kota Surabaya. Salah satu yang menjadi buruan wisatawan luar daerah ketika datang di kota ini adalah mencari kuliner lontong balap.

Kuliner lontong balap memang hanya bisa ditemukan di Surabaya. Di kota lain mungkin ada, namun rasanya tidak akan sama. Dalam satu porsi kuliner kontong balap terdiri dari lontong, tahu, lentho (kajcang hijau tepung digoreng), sayur cambah, dan yang tidak lupa adalah sambal petis yang membuat kuliner ini berbeda dengan daerah lainnya.

Selain lontong balap, Surabaya juga diburu kuliner uniknya. Sebut saja sate klopo yang warungnya selalu dipadati pecinta kuliner hingga tutup. Umumya kata ‘klopo’ digunakan untuk menyebut buah kelapa dalam Bahasa Jawa, namun sate klopo bukanlah daging buah kelapa yang dibakar. Sate klopo terdiri dari irisan daging sapi yang diberi bumbu khsuus terlebih dahulu sebelum dibakar. Ada taburan parutan kelapa di atas sate saat menyajikan kepada pelanggan.

Satu lagi yang jarang ditemui di tempat lain adalah rujakcingur. Rujak yang ditemui di Surabaya akan sangat berbeda dengan daerah lainnya. Rujak cingur khas Surabaya menggunakan berbagai macam sayuran dan buah-buahan dalam satu porsi penyajian, tidak lupa juga irisan gorengan seperti tahun dan tempe. Bukan rujak cingur namanya jika tidak ditambahkan cingur sapi. Cingur adalah bagian mulut sapi yang direbuas terlebih dahulu sehingga nikmat untuk dicampur bersama bumbu rujak.

Leave a Comment