8 Makanan Khas Madura Yang Sangat Istimewa

Pulau Madura berada di sebelah timur dari laut Jawa Timur. Pulau ini mempunyaiwarga hampir 4 juta jiwa. Madura mempunyai banyak kuliner khas. serta salah satu yang paling populer ialah sate madura. disamping sate Madura, nyatanya masih banyak lagi makanan yang yang dimiliki oleh pulau satu ini. apa sajakah makanan itu? Silakan simak informasi selengkapnya.

makanan-khas-madura

1. Sate Madura

Sate jelas jelas merupakan makanan khas Madura yang amat populer serta telah takbisa diragukan lagi bila dirujuksoal rasanya. Di Madura sendiri, sate dijual amatlengkap mulai dari choicesjenis sate sampai jenis bumbu satenya. Sate Madura dapatterbuat dari ayam, kambing atau sapi.

2. Bebek Songkem

Bebek Songkem ialahmakanan dari bebek yang dikasi bumbu-bumbu rempah serta dibalut dengan daun pisang. sehabis itu, bebek diolah dengan metode dibalut daun pisang serta setelah itudikukus sepanjang sekitar 4 jam. Rasa dari bebek songkem ini tak kalah dengan bebek goreng serta bebek bakar. Dagingnya empuk sertabumbunya amat berasa.

3. Soto Madura

Apabila kita lihat, banyak sekali area yang mempunyai soto ciri khasnya sendiri. Salah satunya ialah Madura. meskipun soto Madura takseterkenal soto dari arealainnya, namun mempunyaiciri khas tersendiri. biladibandingkan dengan soto khas area lainnya, soto Madura mempunyai isi yang terbilang banyak sertakuahnya dibuat dari santan. Soto Madura berisi beragammacam jeroan sapi layaknyaparu-paru, usus serta babat. Rasanya gurih layaknya soto-soto terhadap lazimnya.

4. Lorjuk

Lorjuk adalah sejenis kerang yang tinggal di dalam pasir di bawah laut. Lorjuk kebiasaannya di tangkap saat air laut sedang surut. dapat dimasak biasa atau pun dibuat keripik.

5. Otok

Otok merupakan kacang khas Madura. Makanan ini dibuat dari kacang tolo yang diolah memakaikan bumbu khas Madura yang membuatnya menjadi renyah, gurih, manis serta pedas. Kacang otok cocok dinikmati sebagai pelengkap minum kopi sertateh.

6. Topak Ladeh

Makanan ini umumnya di hidangkan ketika perayaan hari raya atau hari besar. Terbuat dari daging sapi yang dikasi kuah campuran antara santan sertarempah-rempah. Topak Ladeh amat cocok dinikmati secara beramai-ramai dalam sesuatuacara.

7. Tajin Sobih

Tajin sobih merupakan makanan khas Kabupaten Bangkalan, Madura. dikasinama tajin sobih pasalmakanan ini berasal dari Desa Sobih. Tajin sendiri bermaknabubur. Isinya adalahi paduan bubur mutiara, bubur sumsum serta olahan tepung kanji. Umumnya tajin sobih disajikan memakaikan daun pisang. Makanan ini amat pas dinikmati saat pagi hari

8. Nasi Serpang

Masih dari Bangkalan, kita bisa menjumpai makanan khas Madura yaitu nasi serpang. Nasi ini diolah memakaikan bumbu rempah-rempah khas Madura. kebiasaannya disajikan degnan tambahan ikan sertapelengkap lainnya.

Leave a Comment